Life of a Backpacker

Journal of A Humble Backpacker

Berjuang Mendapatkan Cashback Singapore Airlines Travel Fair

sq travel fair 2019

Minggu lalu, ada sebuah program yang sangat menarik dan ditunggu-tunggu traveler dan backpacker miskin seperti saya, yaitu Singapore Airlines Travel Fair. Acara ini serentak digelar di tiga kota bersamaan: Jakarta, Surabaya, dan Bali, pada tanggal 23-25 Agustus 2019 kemarin. Setelah beberapa lama saya tidak hunting tiket pesawat yang digadang-gadang promo ini, akhirnya minggu lalu saya menyempatkan diri untuk pergi ke pamerannya.

Setelah tanya sana sini, dan rute yang diincar sudah ada, maka selanjutnya adalah mengincar cashback! Cashback-nya untuk SQ Travel Fair ini cukup menggiurkan. Pembelian tiket di bawah 5 juta, mendapatkan cashback 500 ribu. Untuk tiket 5-10 juta, cashback yang ditawarkan 1 juta rupiah, sedangkan di atas 10 juta, cashback 1.5 juta rupiah. Ini adalah harga per tiket ya, bukan akumulasi. Misalnya, tiket Surabaya – Tokyo seharga 5.2 juta rupiah per tiket, maka mau berapa orang pun dalam satu kode booking, cashbacknya tetap 1 juta per kartu kredit.

Di postingan kali ini saya akan membagi pengalaman saya berburu cashback, serta syarat apa saja yang harus dipatuhi.

Syarat dan ketentuan untuk mendapatkan cashback

Yang pertama, harus menggunakan kartu kredit BCA (karena SQ kerjasama dengan BCA). Eits, tapi tidak semua kartu kredit yang dikeluarkan BCA bisa mendapat cashback loh! Syarat pertamanya yaitu harus menggunakan kartu kredit BCA yang ada logo BCA Cardnya (yang logonya warna biru), atau kartu kredit BCA Singapore Airlines. Selain kartu-kartu ini, hanya bisa digunakan untuk pembayaran saja, tapi tidak mendapatkan cashback.

Saya sempat panik karena kartu kredit yang saya bawa hari itu adalah kartu kredit Mastercard BCA (yang model lama gambar kartun Tazmanian Devil, atau kalau Visa card bergambar Batman). Kedua kartu ini (Mastercard dan Visa) meskipun keluaran BCA, bisa dipakai untuk membayar tiket saja, tapi tidak bisa mendapatkan cashback. Akhirnya saya terpaksa mencari kartu kredit saya yang satunya lagi yang ada logo BCA Card nya.

Selain itu, nama orang yang berangkat harus sama dengan pemegang kartu. Jadi tidak bisa yang namanya pinjem kartu orang lain. Nama pemegang kartu harus sama dengan nama penumpang dan ikut terbang. Selain itu, satu customer name hanya boleh cashback 1 kali saja selama periode pameran. Jadi kalau beli 3 tiket dengan nama sama pun tetap cashbacknya cuma 1 kali saja.

Syarat lainnya adalah membawa KTP atau SIM atau Paspor asli, tidak boleh diwakilkan baik ketika penukaran gelang, penukaran kupon, maupun penukaran cashback, alias tidak boleh sewa joki ya… 😏

Mekanisme Cashback

Saya akan jelaskan mekanisme untuk mendapatkan cashback di Singapore Airlines Travel Fair di sini ya.

0. Membuat member Krisflyer

Bagi yang sudah memiliki nomor member Krisflyer, langkah ini bisa di-skip ya. Bagi yang belum mempunyai member Krisflyer, disarankan untuk segera membuatnya (saya akan jelaskan manfaatnya nanti). Caranya gampang koq. Cukup registrasi di website mereka www.singaporeair.com, verifikasi email, kemudian akan dikirimkan nomor membernya ke email. Mudah kan?

1. Mengambil gelang antrian

Gelang antrian dapat diambil mulai jam 3 subuh dengan membawa KTP/SIM/Paspor saja. Tidak perlu membawa kartu kreditnya. Ini tidak boleh diwakilkan dan harus datang sendiri. Pengalaman kemarin, saya datang jam 3 kurang sudah banyak yang mengantri, padahal petugasnya baru datang jam 4 subuh. Lokasinya berada di area parkir Pakuwon Mall di basement 1, dekat dengan area pameran. Lebih pastinya tanyakan saja pada sekuriti yang bertugas. Oh ya, gelangnya jangan sampai rusak ya. Dijaga baik-baik.

Syarat: KTP/SIM/Paspor asli, dan tidak boleh diwakilkan.

2. Menukarkan gelang dengan kupon cashback

Setelah mendapatkan gelang, selanjutnya harus kembali ke area tersebut pada jam 9 hingga 10.30 pagi, dengan membawa KTP/SIM/Paspor dan juga kartu kredit berlogo BCA Card atau BCA Singapore Airlines yang asli. Sama seperti di atas, tidak boleh diwakilkan. Meja penukaran akan ditutup pada jam 10.30. Jangan sampai telat ya. Gelang akan digunting, dan akan diberikan selembar kecil kupon untuk redeem cashback-nya.

Syarat: KTP/SIM/Paspor asli, kartu kredit berlogo BCA Card atau Singapore Airlines asli, gelang nomor antrian asli. Tidak dapat diwakilkan.

3. Transaksi di pameran

Setelah mendapatkan kupon, maka kita harus naik kembali ke area pameran dan melakukan transaksi di konter tur mana pun yang ada di area pameran dengan menggunakan kartu kredit yang ditunjukkan tadi. Tidak boleh menggunakan kartu kredit yang lain daripada yang ditunjukkan ketika penukaran kupon. Saya dan teman saya langsung menuju konter tur tempat kami sudah pre-book tiket sebelumnya dan langsung menyelesaikan transaksi. Setelah itu kami diberi bukti invoice dan kode booking, yang semuanya ini harus ditunjukkan untuk mendapatkan cashback. Oya, jangan lupa minta petugas travelnya untuk memasukkan nomor Krisflyer yang sudah dibuat pada step 0 tadi.

Syarat: membeli dan membayar tiket di booth travel di pameran.

4. Menukarkan cashback

Setelah menyelesaikan transaksi dan membeli tiket, selanjutnya adalah mengantri di booth cashback. Antrian di sini tidak kalah panjangnya dengan antrian pengambilan gelang. Bawalah seluruh persyaratan untuk cashback: KTP/SIM/Paspor asli, kartu kredit BCA yang digunakan untuk transaksi tadi, invoice, lembaran booking tiket pesawat, dan kupon cashback, untuk kemudian ditukarkan dengan cashback.

Cashback di sini tidak diberikan dalam bentuk uang tunai ya. Cashback akan masuk ke statement kartu kredit maksimal 2 bulan sesudahnya. Selanjutnya lembaran dll akan distempel dan dikembalikan kepada kita.

Bila kita transaksi dengan kartu kredit BCA Singapore Airlines, maka triple point miles akan otomatis masuk ke member Krisflyer kita. Sebaliknya bila kita transaksi dengan menggunakan kartu kredit Singapore Airlines ini tanpa mengharapkan cashback, maka tetap bisa dapat triple point miles dengan mengantri di counter Krisflyer Miles.

Sudah selesai? Eits.. belum. Kalau masih ada waktu, mengantrilah di bagian redeem.

4. Redeem Changi Dollar Voucher

Kalau Anda mengikuti langkah-langkah yang saya jabarkan mulai dari awal, tentunya sekarang sudah ada member Krisflyer kan? Nah, khusus selama pameran, bila membeli tiket pesawat dengan member Krisflyer, akan mendapatkan Changi Dollar Voucher (CDV) juga loh. Setelah selesai mendapatkan cashback, jangan buru-buru cabut dulu. Antrilah sekali lagi di bagian redeem CDV ini.

Tiket ke Asia akan mendapatkan 1 lembar CDV senilai SGD 20, sedangkan ke Eropa dan destinasi lain akan mendapatkan 2 lembar CDV masing-masing senilai SGD 20. Ini berlaku untuk per nama di tiket yang mempunyai member Krisflyer. Misalnya satu kode booking ada 3 orang yang berangkat, tapi hanya 2 orang yang memiliki member, maka CDV diberikan hanya untuk 2 orang yang memiliki member saja.

Oh ya, masih ada hadiah lainnya: sarung koper. Bila dalam proses redeem nya ada tiket untuk 4 orang yang berangkat, maka mendapatkan 1 sarung koper. Pengalaman saya kemarin, tiket saya hanya ada 3 nama. Akhirnya saya nebeng dengan orang di depan antrian saya yang berangkat hanya 1 orang, sehingga saya mendapatkan sarung koper tersebut.

Changi Dollar Voucher (CDV)

Changi Dollar Voucher

Apa sih fungsinya CDV ini? Per lembar CDV ini bernilai SGD 20 dan bisa digunakan di tenant-tenant di Changi Airport, selama masih belum kadaluarsa. Sama seperti voucher pada umumnya, tidak bisa diuangkan. Jadi misalnya beli makan di Changi senilai SGD 25, maka kita bisa membayar dengan 1 lembar CDV, maka kita perlu menambah uang tunai SGD 5 lagi. Sebaliknya bila makanan itu seharga SGD 18, maka bila kita membayar dengan CDV tidak akan mendapatkan kembalian 2 dolar ya. Perhatikan juga bulan kadaluarsa dari voucher ini ya.

Begitulah pengalaman saya dan mekanisme untuk mendapatkan cashback selama pameran Singapore Airlines Travel Fair di Surabaya kemarin. Cashback hanya berlaku untuk 300 orang per hari, dan gelang/kupon harus digunakan di hari itu juga, tidak boleh dipakai keesokan harinya. Jadi, selamat hunting ya! 😊

More stories about

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berjuang Mendapatkan Cashback Singapore Airlines Travel Fair