Life of a Backpacker

Journal of A Humble Backpacker

My Headphone for Long Flight

Saya gemar traveling. Dan terkadang hal yang tidak kusukai ketika traveling ke tempat jauh adalah penerbangan yang panjang, bahkan bisa seharian lebih. Terkadang juga kita seperti mati kutu bila duduk di pesawat budget airlines yang tidak ada hiburan seperti monitor/film dan lain sebagainya. Bisa dibayangkan bila penerbangan 10 jam tanpa ada hiburan sama sekali dan duduk-duduk doank di atas pesawat, betapa membosankannya..

Untungnya seiring perkembangan teknologi, gawai sudah semakin canggih. Ada smartphone atau tablet yang bisa diisi berbagai macam hiburan mulai dari musik hingga film. Paling tidak bila di dalam pesawat kita tidak bisa berselancar di dunia maya, atau mengecek sosmed kita, masih ada musik atau film yang menemani kita. Dan untuk menikmati musik dengan nyaman dan tanpa gangguan selama penerbangan, headphone pilihan saya jatuh kepada Bose QC35-II, salah satu headphone terbaik. Dan inilah review singkat mengapa headphone Bose QC35-II ini cocok digunakan sebagai teman traveling dan penerbangan yang lama.

Baterai yang tahan lama

Bose QC35-II

Saya pengguna setia produk Apple (mulai dari iMac, Apple Watch, hingga iPhone). Namun saya justru tidak memilih earphone keluaran Apple sendiri yaitu Airpods. Ya sih memang ukurannya cukup kecil dan ringkas, tapi baterainya parah. Sedangkan dengan Bose QC35-II, baterai diklaim bisa sampai 20 jam loh untuk koneksi wireless/bluetooth. Cukup untuk penerbangan Singapura-New York. Bahkan bila pemakaian pribadi di rumah, saya hanya perlu meng-charge baterai headphone ini seminggu sekali. Awet banget kan?

Kualitas suara yang luar biasa

Bose QC35-II

Bila dibandingkan dengan headphone sejenis lainnya, saya berani jamin kualitas suara Bose adalah yang terbaik. Memang Bose dikenal di dunia sebagai salah satu produsen headphone/earphone dengan kualitas suara terbaik. Suaranya jernih, tidak over-bass (seperti merk Beats), dan juga jernih. Kualitas suara jelas bisa diadu dengan headphone setara lainnya.

Active Noise Cancellation

Bose QC35-II

Nah ini adalah fitur terbaik yang ada di Bose QC35-II ini. Fitur ini bisa meredam suara-suara di sekitar kita sehingga menjadikan headphone kita lebih kedap suara. Ada 3 setting untuk Active Noise Cancellation (ANC) ini: Off, Low, dan High. Pada settingan High, suara di sekitar saya seolah tenggelam dan tidak terdengar. Cocok sekali diaktifkan di atas pesawat apalagi bila kebetulan kita duduk bersebelahan dengan orang yang suka mengobrol (padahal kita lagi pengen tidur, misalnya). Fitur ini yang paling juara bila digunakan ketika traveling.

Sebenarnya fitur ANC ini sudah ada di beberapa headphone lain seperti Sony. Saya pernah mencoba Sony 1000xm3 dan fitur ini sejujurnya lebih bagus di headphone Sony. So, bila memang kamu mencari headphone dengan fitur ANC yang bagus, sepertinya Sony 1000xm3 juga bisa dijadikan pilihan.

Desain yang nyaman

Bose QC35-II

Untuk headphone sekelas ini, ear cup yang tersedia cukup besar sehingga bisa menutupi telinga seluruhnya. Sponsnya cukup lembut dan tidak menjepit terlalu keras. Ketika dikalungkan ke leher, headphone ini juga tampak stylish dengan ear cup yang mengarah ke luar. Hanya saja beberapa kali setelah pemakaian satu jam ke atas, telinga saya agak panas dan perlu “bernapas’. Tapi wajarlah untuk setiap saya memakai headphone telinga saya selalu kepanasan setelah 1 jam.

Selain itu juga, tersedia hard case untuk tempat memasukkan headphone ini bila sedang tidak dipakai. Kita hanya perlu melipat sedikit headphone dan memasukkannya ke dalam kotak, dan voila… Bisa dibawa ke mana-mana.

Tambahan: Belilah airline adapter

Airline Adapter

Dalam perjalanan panjang, bila kebetulan kita duduk di airlines yang ada in flight entertainment-nya, terkadang headset yang disediakan maskapai sangat buruk kualitasnya: suara buruk, tidak nyaman di kepala, sering lepas. What do you expect from free stuff, right?

Nah, untuk mengatasi masalah ini, saya membeli airline adapter yang menghubungkan headphone kita dengan lubang colokan kembar di pesawat. Dengan adapter ini, kita bisa menikmati film/musik dari in flight entertainment yang disediakan maskapai tanpa harus berurusan dengan headset yang buruk dan menikmati langsung dengan headphone kita. Harganya murah koq, sekitar 20-50 ribuan di olshop. Saya biasanya membawa adapter ini juga dan menonton film dari monitor pesawat namun dengan menggunakan headphone ku ini. Tentu saja ini memberikan pengalaman yang jauh lebih menyenangkan!

Overall, hiburan adalah sesuatu yang mutlak kita perlukan apabila ketika melakukan perjalanan panjang. Dan dengan menggunakan headphone yang bagus, yang mudah dikoneksikan dengan in flight entertainment system pesawat, ataupun smartphone kita, dijamin tidak akan boring lagi. Ditambah lagi fitur Active Noise Cancellation pada Bose QC35-II ini sangat membantu meredam kebisingan yang ada di sekitar kita. Kualitas suara yang bagus. Baterai yang tahan lama. Desain yang nyaman dan menarik. Semua itu membuatku tidak salah memilih headphone ini untuk teman perjalanan panjang saya.

More stories about

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

My Headphone for Long Flight