Life of a Backpacker

Journal of A Humble Backpacker

Mengurus Visa Rusia

Visa Rusia

[Update: menurut pengamatan beberapa pembaca blog ini, sudah ada kenaikan harga untuk mengurus confirmation letter di website www.destinationrussia.com ini. Post ini masih menggunakan harga lama.]

Membaca kembali postingan-postingan saya sebelumnya, saya baru ingat kalau pernah menjanjikan sebuah artikel atau postingan bagaimana mengurus visa Rusia. Maaf saya kelupaan (atau kelewatan.. hehe…), dan kali ini saya akan menuliskan bagaimana mengurus visa Rusia untuk paspor Indonesia ya..

(Disclaimer: tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman saya mengurus visa Rusia pada pertengahan tahun 2018. Semoga prosedurnya tidak ada perubahan dan masih sama.)

Syarat membuat visa Rusia

Berdasarkan website resmi kedutaan besar Rusia, dokumen yang diperlukan untuk mengurus visa turis Rusia adalah:
1. Formulir permohonan yang sudah diisi lengkap (bisa didownload di website nya langsung).
2. Paspor asli yang masih berlaku dan fotokopinya.
3. 2 lembar pas foto berwarna berukuran 3×4 dengan latar putih.
4. Confirmation letter yang dikeluarkan agen perjalanan atau hotel di Rusia, dan harus berbahasa Rusia.
5. Tiket pesawat/kereta/bus keluar masuk Rusia.
6. Khusus bagi tur rombongan: Surat dari agen perjalanan lokal yang berisikan semua nama peserta tur.

Semua dokumen ini nantinya diserahkan kepada kedutaan Rusia di Jakarta. Biaya pembuatan visa Rusia ini untuk single entry adalah USD 70 (jalur biasa) dan USD 140 (jalur cepat). Untuk double entry dan multiple entry, informasi harganya bisa dilihat di website nya juga.

Untuk dokumen nomor 1-3 tidak masalah, dan karena saya bepergian sendirian (backpacker) tanpa ikut rombongan tur, maka dokumen nomor 6 bisa saya skip. Dari semua dokumen yang diperlukan, yang paling ribet adalah yang nomor 4.

Sekedar catatan, confirmation letter ini harus dikeluarkan oleh agen perjalanan di Rusia, atau bisa juga hotel tempat kita menginap (ada beberapa hotel yang memang bisa issue surat ini dengan biaya tentunya). Masalahnya adalah, saya solo backpacker, tidak menginap di hotel fancy berbintang (biasanya yang issue dokumen ini hotel tertentu saja) dan memilih penginapan Airbnb. Kedua, saya tidak ikut agen perjalanan manapun di sana alias jalan sendiri. Nah loh…

Saya pun browsing sana-sini, sampai seantero internet udah diublek-ublek demi mendapatkan informasi bagaimana mengurus confirmation letter Rusia untuk seorang backpacker. Informasi yang didapat cukup beragam, tapi beberapa intinya sama. Sebenarnya ada beberapa website agen perjalanan yang khusus menyediakan jasa pembuatan surat ini untuk paspor Indonesia dengan berbagai macam variasi harga (banyak juga agen perjalanan yang tidak menyediakan jasa untuk paspor Indonesia loh). Atas rekomendasi beberapa travel blogger Indonesia, saya menjatuhkan pilihan pada www.destinationrussia.com.

Tampilan depan web destinationrussia.com

Cukup masuk di websitenya dan pilih menu “Russian Visa” di menu atas. Pilih jenis visa yang akan diurus, kemudian isi semua kolom termasuk kolom akomodasi. Saya memilih single entry yang sent in 48 hours karena memang tidak diburu waktu. Masalah berikutnya adalah pengisian kolom akomodasi. Saya menginap di rumah Airbnb, bukan hotel resmi. Saya tidak mau mengambil resiko visa saya ditolak hanya karena asal-asalan menulis alamat akomodasi. Akhirnya dengan bantuan Google Maps dan Google Translate, saya kerjakan kolom ini setengah hari lebih! Percayalah, ini sangat menguras tenaga dan pikiran! Akhirnya saya memasukkan alamat jalan yang (kira-kira) sesuai dengan alamat Airbnb saya. Setengah hari lebih saya habiskan hanya untuk mengisi kolom alamat ini! Buset!

Oya, saya juga meminta “A detail travel itinerary document” di bagian optional dengan membayar sekitar USD 10 untuk memperkukuh pengajuan visa saya. Kalau memang kamu cukup yakin dengan dokumen seadanya saja bisa diterima atau alasan hemat, bagian ini tidak perlu diambil. Tidak wajib koq. Untuk mendapatkan dokumen ini, saya harus mengisi detil tanggal berapa saya tiba dan ke kota mana saja.

Total untuk confirmation letter dan detail travel itinerary ini saya membayar USD 13.37 ditambah USD 9.72 (total USD 23) dengan menggunakan kartu kredit.

Tampilan depan web destinationrussia.com

Hebatnya, meskipun tulisannya sent in 48 hours, buktinya kurang dari 12 jam sudah masuk ke email saya loh! Horee..!! Satu masalah yang paling pelik akhirnya selesai juga! Untungnya mengurus visa Rusia tidak perlu hadir secara fisik di sana (tidak seperti visa Schengen yang harus cap jari) sehingga saya meminta travel agent saya di Surabaya untuk menguruskan semuanya. Saya segera mengirim semua keperluan dokumen di atas kepada mereka. Biaya pembuatan visa Rusia di travel agent di Surabaya adalah 1.5 juta rupiah. Lebih mahal dari harga resmi, tapi saya tidak perlu repot-repot ke Jakarta (tiket pesawat saja udah berapa ya kan?).

Oya, sebagai tambahan kelengkapan dokumen atas saran travel agent saya (ini tidak wajib ya), saya harus menyerahkan surat keterangan bekerja dari perusahaan tempat saya bekerja, lengkap dengan kop surat dan stempel perusahaan.

Proses pembuatan visa ini cukup lama. Punya saya 3 minggu baru selesai. Mungkin karena ada libur Lebaran juga ya. Selama 3 minggu ini saya deg-degan dan terus berdoa dan berharap agar visa Rusia saya diterima. Ya iyalah, saya sudah habis banyak dengan booking tiket pesawat, hotel, membayar confirmation letter fee, dan juga jasa pengurusan visa dari travel agent. Kalau ditolak, wuih amit-amit berapa banyak uang saya yang “hangus”. Tapi untunglah setelah 3 minggu saya dihubungi travel agent saya untuk mengambil paspor saya. Saya segera mengambil paspor saya yang ada visa berbahasa Rusia tertempel di dalamnya. (Bahkan nama saya “James” ditulis dalam aksara cyrilic loh..) 😁

More stories about ,

11 Comments

  • Merry

    March 5, 2019 at 9:18 am → Reply

    Kalau tinggal di apartment atau airbnb, apa host nya mau membantu visa registration yg katanya wajib dilakukan sebelum 7hari ketibaan di rusia?

    • James Winner

      March 15, 2019 at 8:48 am → Reply

      kalo apartment/airbnb, ada beberapa hotel yg bisa dan mau (karena saya pernah ngecek), tapi hanya satu dua saja.. itupun rate nya kemaren kalo ga salah ditawari USD 30 utk single entry, lebih mahal dari destinationrussia..

    • James Winner

      March 15, 2019 at 8:47 am → Reply

      udah naik rate nya bu… ini tadi saya cek di webnya destinationrussia yg double skrg USD 38, dulunya USD 30 (coba lihat gambar di postinganku dan bandingkan dengan yg sekarang..)

  • Fina

    April 10, 2019 at 2:14 am → Reply

    Mas, bs minta informasi agen yg mengurus visa ke kedutaannya?krn kami jg di daerah jd repot klo harus ngurus sendiri ke jkt…

    Terimakasih sebelumnya

    • James Winner

      April 10, 2019 at 9:12 am → Reply

      Agen yang menguruskan visa saya pakai Bianglala Tour Surabaya. Masuk saja ke websitenya. Tapi patut diingat, untuk pengurusan confirmation letter tetep diurus sendiri ya via sesuai postingan saya.

  • Diana

    May 23, 2019 at 5:25 am → Reply

    hi mas james kalau ngajuin visa support harus sudah full payment akomodasi ngga ya? Saya pesan di booking.com dan akomodasinya semua bayar on the spot. Apa bukti pembayaran akomodasi juga perlu untuk pengajuan visa di kedutaan? Thank youu

    • James Winner

      June 12, 2019 at 8:56 am → Reply

      nah itu saya kurang paham mba.. soalnya seingetku, ngurus visa di kedutaan Rusia nya perlu menyertakan invoice pembayaran bookingan hotel/Abnb juga.. kalo bookingdotcom belom bayar, apa bisa ya issued invoice?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mengurus Visa Rusia