Life of a Backpacker

A Journal of James Winner

Bersafari di padang pasir Dubai

Hari terakhir kunjungan kami di Dubai, kami dibawa ke salah satu program yang paling ditunggu-tunggu: Desert Safari. Kami akan menghabiskan waktu kami selama setengah hari hingga malam di padang pasir loh! Seru abis.

Rombongan kami dijemput di restoran yang telah dijanjikan. Setiap keluarga dibagi-bagi menjadi 4-6 orang per mobil. Total ada 4 mobil bertenaga 4WD yang menjemput kami. Setiap mobil memang sudah didesain untuk bisa meluncur di padang pasir, bahkan pengemudinya pun perlu license khusus untuk berkendara di padang pasir. So, berkendara di padang pasir bukan hal main-main ya..

Padang pasir ini terletak di luar kota Dubai, kurang lebih 2 jam perjalanan (sudah termasuk toilet break dll). Ketika sampai di padang pasirnya, mobil kami berhenti dan setiap penumpang diminta turun. Ternyata supirnya mengurangi tekanan ban supaya bisa “mencengkeram” ketika berkendara di atas pasir yang halus. Sambil menunggu, kami pun berfoto-foto dengan latar padang pasir. Kemudian, dimulailah petualangan pertama kami…

Dune Bashing

Halusnya pasir padang pasir

Mobil kami melaju di atas padang pasir yang konturnya berbukit-bukit. Naik, turun, nge-drift kanan kiri, sesekali mobil digas kencang ketika di atas gundukan pasir sehingga terkesan “terbang”. Beberapa penumpang di mobil saya yang kebetulan wanita dan anak-anak agak mual dibuatnya. Alhasil, saya pun meminta supir untuk “menghaluskan” cara menyetirnya sehingga tidak membuat mabuk.

Bagi yang suka nge-drift dan menguji adrenalin, bisa minta supirnya untuk lebih “liar” lagi. Yang penting tetap jaga keselamatan dan tahan banting ya… 😁

Sunset Photography

Ini bagian yang menurutku paling seru selama safari: photo session. Setelah kurang lebih 30 menit diajak nge-drift di padang pasir, kami berhenti di sebuah gundukan pasir yang agak tinggi. Dari sana, kami bisa berfoto dengan pemandangan matahari terbenam di atas padang pasir. Sinar matahari senja membuat pasirnya berwarna coklat keemasan. Cantik sekali! Tak kami sia-siakan kesempatan ini untuk mengambil foto sebanyak-banyaknya di latar super fotogenik ini.

Banyak yang bertanya seperti apa sih padang pasir itu? Well.. padang pasir itu panas di siang hari, dan suhunya turun drastis saat malam hari (yap, itu saya alami sendiri). Sepanjang mata memandang hanya ada sand dunes (gundukan pasir) yang pasir halus banget! Lebih halus daripada pasir yang ada di pantai loh! Kemudian saat matahari senja, pasirnya bisa berubah menjadi warna coklat keemasan yang indah sekali! Keren deh pokoknya!

Excursions on the Desert

Sampailah kami di basecamp, sebuah area besar yang disiapkan untuk turis yang berkunjung ke sana. Kami ditunjukkan tempat duduk kami (harus duduk sesuai nomor yang telah ditentukan) kemudian free time hingga waktu makan malam dihidangkan.

Selama free time ini banyak sekali excursion (hiburan, permainan) yang bisa dinikmati. Mulai dari sensasi menaiki unta, meluncur di atas pasir, tato henna, hingga mencoba memakai pakaian tradisional Arab. Semua ini gratis karena sudah include di dalam paket perjalanan. Saya sendiri mencoba menaiki unta dan berfoto dengan pakaian tradisional Arab. Rupanya orang Arab memang perawakannya tinggi besar, sehingga rata-rata baju yang saya coba kedodoran semua.

Ada juga beberapa excursion yang berbayar, seperti menikmati sisha, atau memesan minuman beralkohol di bar (kalau minuman ringan biasa sih free).

Dinner

Selfie bersama tour guide kami

Malam pun tiba. Lewat pengeras suara, semua tamu diminta untuk menempati tempat duduknya masing-masing. Untuk mengganjal perut, kami boleh mengantri untuk mengambil kebab yang sudah disediakan. Kebabnya, meski kecil, enak sekali. Dagingnya tidak banyak namun padat.

Setelah itu makan malam dihidangkan secara buffet. Kami pun mengantri mengambil makanan yang sebagian besar middle-eastern dan indian food. Ada satu menu yang sangat menggoda seleraku: daging domba bakar. Entah bagaimana cara mengolah mereka sehingga daging domba yang biasanya agak keras dan bau lebus bisa senikmat dan seempuk itu. Bahkan saya sampai tambah beberapa kali untuk daging bakar ini.

Sambil menikmati makan malam, kami pun disuguhkan beberapa hiburan seperti fire dance, tanura show, dan belly dance.

Dinner – Fire and Tanura Show – Belly Dance Show

Belly dance

Fire dance ini seperti yang biasa di sirkus-sirkus itu. Pemainnya membawa obor, memutar-mutarnya, melakukan berbagai atraksi, hingga menyemburkan api dari mulutnya. Kemudian ada tanura show. Tarian yang mirip tari sufi ini dikreasikan dengan berbagai permainan lampu dan kostum yang atraktif. Penarinya berputar-putar, mirip dengan tari sufi, kemudian melepas jubahnya, memutarnya, melemparnya ke udara, dan.. ah pokoknya keren deh!

Malam semakin larut. Makanan di piring kami pun sudah habis. Udara pun bertambah dingin, apalagi di padang pasir di bulan Desember. Lalu penampilan selanjutnya yang paling ditunggu-tunggu pun muncul juga, menghangatkan suasana malam hari itu. Belly dance.

Seorang penari wanita berpakaian ala belly dancer (ya iyalah), menari meliuk-liuk di atas panggung diiringi alunan musik padang pasir. Dengan gemulai penari itu menghibur dengan tarian yang sangat khas padang pasir itu.

Tarian dan hiburan ini cukup lama durasinya, sehingga beberapa tamu dari rombongan saya (terutama anak-anak) sudah mulai mengantuk dan sudah minta pulang ke hotel. Kami sepakat tidak perlu menonton belly dance ini sampai selesai, dan langsung menuju mobil kami masing-masing, untuk kembali ke Dubai.. ke hotel kami untuk beristirahat.

Petualangan padang pasir di Dubai ini menambah sebuah pengalaman baru. Tentu saja dengan mengikuti paket tur padang pasir ini, yang paling berkesan adalah berfoto dengan latar matahari terbenam di padang pasir. Siapkan kamera yang mumpuni agar tidak terlewat untuk mengabadikan momen luar biasa itu.

Berikut video keseruan kami selama di Dubai. Jangan lupa like dan subscribe yaa…

Next on: Naik helikopter keliling Dubai

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bersafari di padang pasir Dubai