Life of a Backpacker

A Journal of James Winner

Cara Mengurus e-Visa Turki

Cara mengurus visa Turki

Untuk mengunjungi sebuah negara, tentunya kita memerlukan visa untuk masuk ke negara itu (terkecuali negara yang memang membebaskan visa bagi WNI ya). Anggaplah visa sebagai sebuah permit untuk memasuki negara tersebut. Nah kali ini saya akan membagikan tips membuat e-visa untuk Turki.

Ada 2 cara bagi pemegang paspor Indonesia untuk memperoleh visa Turki. Jalur yang pertama adalah visa on arrival, di mana kita tinggal terbang dan ketika mendarat di bandara Istanbul, kita tinggal cari konter visa on arrival, apply di sana, dan membayar USD 35, beres!

Namun saya pribadi lebih memilih jalur kedua: e-visa. Berikut adalah langkah-langkah cara mengajukan aplikasi e-visa untuk Turki.

Masuk ke website yang benar

Masuk ke website ini

Ketika pertama kali saya googling “evisa Turkey”, jrenggg.. yang muncul ternyata banyak sekali website-website yang “menawarkan” jasa pembuatan visa Turki ini. Hati-hati! Mereka ini bukan website resmi pemerintah Turki, dan seringkali hit and miss. Masuklah ke website pemerintah Turki yang benar yang ada di evisa.gov.tr. Ini baru website resminya pemerintah Turki.

Tampilan awal halaman website resmi ini seperti di bawah ini. Dan dari sini, kita kemudian klik yang “#1 Apply”.

Setelah itu, isi kewarganegaraan kita (yaitu Indonesia), dan pilih jenis paspor yang sesuai (kalau kita rakyat jelata dengan paspor biasa, isi saja dengan Ordinary Passport). Jangan lupa juga mengisi captcha (huruf dan angka random untuk verifikasi bukan robot).

Cara mengurus visa Turki

Di halaman berikutnya isi tanggal ketibaan kita di Turki. E-visa ini berlaku 180 hari dari tanggal ketibaan, dengan durasi tinggal tidak boleh melebihi 30 hari. Oya, sifatnya adalah single entry ya. Jadi misalnya setelah mendarat di Turki dan kita pergi ke Yunani, lalu kembali lagi ke Turki, nah yang ketibaan kedua ini harus apply e-visa baru lagi ya.

Cara mengurus visa Turki

Halaman berikutnya, isilah data diri Anda. Perhatikan baik-baik setiap data yang diisikan, jangan sampai salah ya.

Setelah mengisi dan mengumpulkan data, di halaman berikutnya kita akan diminta mengecek email yang langsung dikirimkan ke alamat email yang diisikan tadi. Sebuah email yang berisikan tautan verifikasi akan dikirimkan, dan kita diminta untuk klik link pada email tersebut untuk verifikasi.

Cara mengurus visa Turki

Selanjutnya setelah klik, berikutnya adalah proses pembayaran. Pembayaran hanya diterima berupa kartu kredit internasional (Master atau Visa) dan hanya dalam bentuk USD. Totalnya sekitar USD 26. Isilah data kartu kredit dan lakukan pembayaran.

Bila pembayaran kita berhasil, maka halaman terakhir akan muncul di mana kita bisa mengunduh e-visa kita. Sebuah email yang berisi tautan e-visa ini juga akan dikirimkan ke email kita. Unduh dan simpan baik-baik lembar ini. Lakukan back up juga untuk e-visa ini ya, just in case. Tunjukkan e-visa ini ketika mendarat di bandara Istanbul, sebaiknya dicetak juga ya.

Nah, itulah langkah-langkah mudah membuat e-visa Turki. Happy traveling!

More stories about ,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Mengurus e-Visa Turki