Life of a Backpacker

A Journal of James Winner

Musibah Terbesar Sepanjang Tahun 2019!!

My Biggest Disaster in 2019Teman-teman yang membaca blog ini pasti kaget dan merasa judul di atas sensasional sekali ya.. Sejatinya memang iya. Bukan karena ada tsunami, bukan karena ada bencana alam yang begitu fantastis, tapi musibah (dalam arti sebenarnya, tanpa tanda kutip) yang satu ini adalah yang terbesar yang kurasakan.

Jadi ceritanya beberapa hari lalu saya dihubungi oleh pihak hosting saya via email yang mengatakan ada masalah pada server mereka yang menyebabkan downtime. Saya anggap itu hal yang biasa karena sejatinya memang sering sekali downtime terjadi pada server tempat saya hosting. FYI, saya mempunyai 2 website yang aktif yang dihosting pada server ini.

Malam harinya, saya kembali diemail oleh pihak admin kalau server mereka dengan nomer IP sekian telah terserang malware jahat yang menyebabkan file-file mereka termasuk backup terkena musibah ini. Semua file disandera oleh malware kejam ini!

Saya pun sedikit gemetar karena takut kedua website saya terdampak. Cepat-cepat saya segera mengecek whois daripada website saya dan… ketakutan saya benar-benar terjadi.

Blog saya.. yang sangat saya sayangi.. dan merupakan curahan hati saya.. sekaligus record perjalanan yang saya lakukan… TERKENA SERANGAN!! Semua filenya hilang! Parahnya lagi, backup terbaru pada server juga terkena serangan ganas ini.

Oh My God!!!

Saya segera mengecek website kedua saya, yang untungnya terletak di server yang berbeda sehingga selamat (meskipun tetap mengalami downtime berhari-hari).

Tapi blog ini.. website saya ini… tidak terselamatkan! Besoknya pihak hosting me-restore kembali semua website yang terdampak dengan log akhir tahun 2017!! Dengan kata lain, semua postingan saya setelah tahun 2017 akhir, hilang total!!! Termasuk jurnal saya selama di Rusia, jajanan yang asyik selama di Jepang, tips mengurus visa Rusia dan Turki, dan banyak lagi! Bayangkan! 2 tahun!! Semua usaha dan tulisanku selama 2 tahun hilang lenyap begitu saja!

Lalu, apa pertanggungjawaban dari hosting? Ya mengembalikan lagi kepada pihak “penyewa” (saya) dengan dalih mereka sudah melakukan backup, tapi kesalahan juga dari pihak “penyewa” karena tidak mem-backup sendiri. Sebenarnya memang ada kesalahan saya juga tidak melakukan backup rutin, namun sebagai sebuah hosting yang kompeten dan terpercaya, seharusnya dari sisi mereka juga meningkatkan keamanan, baik terhadap server yang sedang disewakan maupun keamanan terhadap log backup

Ah… (menarik napas panjang dengan kelelahan)

Ya sudahlah… nasi sudah menjadi bubur. Saat ini saya sedang mengumpulkan niat dan mood untuk menulis ulang semua postingan saya yang hilang. Maafkan ya bila beberapa saat tidak ada update karena mengumpulkan niat untuk memposting lagi bukan sesuatu yang mudah. Bahkan saya sudah melirik beberapa hostingan lain yang lebih terpercaya dan secure untuk dijadikan alternatif ganti tempat hosting.

Harap bersabar ya teman-teman.. new stories are coming.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Musibah Terbesar Sepanjang Tahun 2019!!