Life of a Backpacker

A Journal of James Winner

Penerbangan Terbaik

Seperti apakah penerbangan terbaik di dunia? Apakah duduk di kelas bisnis sebuah maskapai kenamaan? Atau bahkan di first class? Mungkin. Tapi bagi saya ada sesuatu yang berbeda mengenai penerbangan terbaik yang barusan kualami ketika saya berada di India.

Adalah penerbangan dari Delhi menuju kota Leh di Himalaya. Leh adalah salah satu kota di pegunungan Himalaya yang tersohor itu, dan merupakan ibukota dari provinsi Ladakh, India. Terletak di ketinggian 3,500 meter di atas permukaan laut, Leh memiliki pesona keajaiban dan keindahan tersendiri dibandingkan India bagian lainnya. Selain itu Ladakh juga berbatasan dengan daratan China (Tibet) secara langsung. Tak heran banyak tentara yang lalu lalang di kota ini.

Untuk mencapai Leh dari Delhi, pilihannya adalah lewat jalur darat atau udara. Perjalanan darat membutuhkan waktu berhari-hari dengan jalur yang indah namun ekstrim. Untuk menghemat waktu, saya dan Lala memilih naik pesawat saja. Kami naik GoAir, maskapai lokal India. Harga pp untuk Delhi ke Leh adalah 15,000 rupee (sekitar 3 jutaan) per orang. Durasi penerbangan hanya 1 jam 20 menit. Berarti jarak Delhi ke Leh seperti Jakarta ke Surabaya ya.

Pemandangan Himalaya dari pesawat

Penerbangan domestik di India sedikit unik dan berbeda dari Indonesia. Kami harus melewati berbagai pemeriksaan yang berlapis. Pria dan wanita diperiksa di jalur antrian yang terpisah. Bahkan beberapa orang disuruh melepas sepatunya agar dimasukkan ke dalam mesin scan. Jangan buang boarding pass kalian, karena ketika sampai di Leh dan turun pesawat, ada petugas yang memeriksa boarding pass! (Berasa naik bus kota deh yaa..)

Yang lebih unik lagi penerbangan dari Leh kembali ke Delhi. Kami (penumpang) harus mengidentifikasi koper sendiri sebelum berangkat naik pesawat. Jadi ceritanya yang memegang boarding pass akan dipanggil satu per satu ke luar dan kemudian kami disuruh menunjuk koper bagasi kami. Setelah itu, boarding pass kami ditandai dan kami boleh kembali ke ruang tunggu. Aneh kan?

Oya, usahakan setiap penerbangan (baik Delhi-Leh maupun Leh-Delhi) mintalah tempat duduk di samping jendela. Usahakan juga jangan duduk di daerah sayap pesawat. Pilihlah bagian depan atau belakang pesawat, jangan di tengah-tengah.

Mengapa?

Karena pemandangan dari luar jendela selama penerbangan adalah yang terbaik di dunia!

Pemandangan Himalaya dari pesawat

Selama perjalanan, dari jendela kami bisa melihat hamparan pegunungan Himalaya yang putih bersalju di bawah kami. Terlihat dengan sangat jelas pemandangan yang luar biasa ini. Saya pun cepat-cepat mengambil kamera dan mengabadikan pemandangan yang takkan ditemui setiap hari ini. Sebuah pemandangan spekatkuler. Hamparan pegunungan yang seolah tiada habisnya di bawah kami. Puncak-puncak pegunungan yang putih bersalju seperti es krim vanilla. Cantik dan luar biasa.

Inilah yang membuat penerbangan dari Delhi ke Leh adalah yang terbaik di dunia (setidaknya menurut saya). Saya membuat video pendek dari HP saya. Simak videonya untuk merasakan bagaimana kerennya penerbangan ini.

More stories about ,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Penerbangan Terbaik