Life of a Backpacker

A Journal of James Winner

Mengintip Korea Utara

Dora Observatory Tower

Dora Observatory Tower

Tidak, nama “Dora” di sini bukan diambil dari nama petualang anak-anak dengan rambut bob dan kulit kecoklatan itu. Dora di sini adalah salah satu gunung terkenal di kawan DMZ yang disebut Dorasan (Gunung Dora). Dan di lereng gunung ini juga merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat keadaan di sisi seberang sana (Korea Utara). (Simak jurnal sebelumnya part 1 dan part 2)

Peta Korea UtaraDi Dora Observatory Tower ini, disedikan beberapa teropong untuk melihat Korea Utara (dengan memasukkan recehan 500 won). Tersedia juga peta penunjuk lokasi: gunung apa, desa apa, menara apa. Han membantu menjelaskan bahwa di sisi kiri adalah bekas perindustrian Hyundai yang kemudian ditutup karena kondisi kedua Korea yang memanas, kemudian desa yang sebenarnya, desa propaganda, dan tiang bendera Korea Utara yang menjulang tinggi.

Korea Utara dari DMZ

View Korut dari Tower

Sayangnya hari itu cuaca sangat berkabut sehingga tidak terlalu jelas terlihat pemandangan Korut yang sebenarnya. Dari kejauhan kita bisa melihat tiang bendera Korut yang menjulang tinggi. Sebenarnya masih ada patung Great Leader mereka yang bisa terlihat dari teropong, namun cuaca sepertinya kurang mendukung.

Hal unik lainnya adalah tersedia beberapa speaker besar yang disebar di DMZ. Speaker-speaker ini memutar lagu-lagu K-pop sebagai propaganda untuk rakyat Korut bila Korsel merupakan negara yang maju dan menarik. Sebaliknya dari kejauhan kami juga samar-samar mendengar Korut juga melakukan hal yang sama (memasang speaker dan memutar lagu). Bedanya (menurut Han), lagu-lagu mereka merupakan lagu propaganda yang memuja-muja pemimpin agung mereka (Great Leader). Ternyata perang Korsel-Korut tidak hanya sebatas unjuk senjata, namun juga unjuk propaganda dan ideologi. Unik.

Dorasan Station

Dorasan Station

Pemberhentian terakhir di tur ini sebelum menuju kota Seoul kembali adalah Dorasan station. Stasiun kereta api ini sebenarnya sudah ada sejak jaman penjajahan Jepang dulunya, dan merupakan salah satu rute urat nadi yang menghubungkan Korea pada waktu itu. Sejak terpecahnya Korea menjadi dua negara, otomatis rute kereta dari Selatan ke Utara pun dihentikan. Dan pada sisi Korea Selatan, stasiun Dorasan ini merupakan stasiun paling ujung yang berbatasan dengan Korea Utara.

Rute Kereta Korut KorselPada tahun 2002 stasiun ini diresmikan oleh pemerintah Korea Selatan (dihadiri juga oleh Presiden George Bush). Dalam stasiun ini sudah ada konter imigrasi, conveyor belt untuk bagasi, konter tiket dan papan pengumuman lainnya selayaknya sebuah stasiun yang berfungsi. Tujuannya adalah sebagai pintu masuk turis dari Korut ke Korsel bila suatu hari jalur ini kembali dibuka (itulah manfaat konter imigrasi itu). Bahkan ada papan penunjuk rute menuju Pyongyang. Sayangnya saat ini stasiun Dorasan hanya melayani orang lokal dari Seoul menuju DMZ saja. Selebihnya masih menunggu Korea bersatu suatu hari nanti.

To Pyongyang

Anyone to Pyongyang?

Overall DMZ Tour

Secara keseluruhan, bagi seorang penikmat sejarah seperti saya (dan kebanyakan bule lainnya), tur DMZ ini membawa perspektif baru. Saya sangat menikmati berbagai unsur sejarah yang disuguhkan dari kunjungan ini. Melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana sebuah perang di abad modern ini, propaganda-propaganda yang unik, mengintip salah satu negara paling tertutup di dunia, dan yang terpenting bersyukur hidup di negara Indonesia.

Sawang sinawang — istilah orang Jawa untuk sifat manusia yang tak pernah puas. Kita merasa Indonesia dipenuhi korupsi dan merupakan negara yang bobrok. Namun kita tidak pernah tahu betapa susahnya hidup di Korea Utara yang serba susah, atau Korea Selatan yang setiap saat bisa meletus perang saudara. Setiap negara ada kesusahannya masing-masing. Dan dari perjalanan ini saya bersyukur saya hidup di Indonesia, sebagai warga negara Indonesia, sebuah negara yang indah dan damai.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mengintip Korea Utara